Psikolog bicara tentang cara mendidik anak perempuan cara islam

Bagaimana sebaiknya cara mendidik anak perempuan cara islam. Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan buah hati-anaknya dapat tumbuh menjadi anak-si kecil yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal. Kebanyakan orang tua akan melaksanakan segalanya demi membahagiakan si kecil-si kecil mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tapi rupanya hal ini tak selalu baik dalam pelaksanaan mendidik anak.





Kiat Mendidik Si Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya bisa tumbuh menjadi buah hati-si kecil yang bagus, bisa dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan anak kepada dunianya sering kali kali membuat mereka berkeinginan mencoba menjalankannya secara leluasa. Ketakutan orang tua yakni bila hal-hal terburuk terjadi pada si kecil Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang dapat berbahaya si kecil. Larangan cuma membuat rasa penasaran bagi anak untuk melakukannya dan dapat mewujudkan anak berdusta kepada orang tuanya. Komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk mengingatkan si kecil alih-alih melarang anak melaksanakan hal-hal yang mau mereka lakukan. Kasih tahu mereka tentang risiko yang mungkin terjadi dan mintalah anak Anda untuk berhati-hati.





2. Didik anak untuk tidak berbohong. Jangan sekali-kali memberikan contoh pada buah hati Anda untuk berbohong. Ajar mereka untuk senantiasa terbuka perihal keadaannya dalam segala hal, bagus itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup seputar perasaan mereka terhadap Anda. Dengan metode ini, Anda sudah mendidik buah hati Anda untuk berperilaku jujur dalam kehidupannya.


Menurut pasangan tentu memiliki cara mengajar yang berbeda kepada buah hati.


Serba membolehkan. Kecil-buah hati yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampilkan kecenderungan manja dan mengganggu. Si juga akan cenderung bertindak buruk bila tak mendapatkan apa yang diharapkan. Ini karena orang tua dengan tipe seperti ini tak menentukan batasan atau aturan. Buah ada peraturan, si kecil umumnya akan melanggar. Apabila ini menjadi gaya pola asuh Anda, buat undang-undang yang mesti dipatuhi si kecil dan jangan menyerah. Beri Mam dapat memberikan hadiah terhadap si kecil sekiranya dia bertingkah baik. Bila ini baik untuk masa depan si kecil saat menghadapi “dunia kongkret” ketika tidak seluruh orang dapat memperlakukan ia seperti Anda.


Dari beberapa pembahasan di atas perihal sistem mendidik si kecil yang baik dapat disimpulkan bahwa buah hati wajib diberi perhatian dan beri sayang serta kepercayaan. Orang tua harus menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan mengabsorpsi tiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu figur terbaik yaitu lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga yaitu kunci kesuksesan dalam mengajar buah hati.