Bagaimana sebaiknya cara mendidik anak perempuan 6 tahun

Bagaimana sebaiknya cara mendidik anak perempuan 6 tahun. Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan si kecil-anaknya dapat tumbuh menjadi anak-buah hati yang baik, dapat dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam seluruh hal. Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan buah hati-si kecil mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, melainkan ternyata hal ini tak selalu bagus dalam pengerjaan mendidik anak.





Tips Mendidik Kecil Supaya Tak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap-tiap orang tua tentu menginginkan anak-buah hatinya bisa tumbuh menjadi anak-si kecil yang baik, bisa dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Kebanyakan orang tua akan mengerjakan segalanya demi membahagiakan si kecil-anak mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi terbukti hal ini tak selalu baik dalam cara kerja mendidik anak. Banyak buah hati yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tak bisa mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan buah hati pada masa perkembangannya karena tiap-tiap didikan kita bisa berpengaruh besar bagi kehidupan sang buah hati di masa depan. Berikut yaitu tips bagaimana mendidik si kecil dengan bagus supaya tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan buah hati kepada dunianya sering kali membuat mereka ingin mencoba melakukannya secara leluasa. Ketakutan orang tua merupakan seandainya hal-hal terburuk terjadi pada buah hati Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang dapat berbahaya si kecil. Larangan hanya membuat rasa penasaran bagi si kecil untuk mengerjakannya dan bisa menciptakan si kecil berdusta terhadap orang tuanya. Komunikasi dua arah yakni solusi terbaik untuk mengingatkan buah hati alih-alih melarang si kecil melaksanakan hal-hal yang mau mereka lakukan. Beri tahu mereka perihal risiko yang mungkin terjadi dan mintalah si kecil Anda untuk berhati-hati.





2. Ajar buah hati untuk tak berbohong. Jangan sekali-kali memberikan figur pada si kecil Anda untuk berbohong. Didik mereka untuk senantiasa terbuka tentang keadaannya dalam segala hal, baik itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup tentang perasaan mereka kepada Anda. Dengan sistem ini, Anda sudah mendidik buah hati Anda untuk bertingkah jujur dalam kehidupannya.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki sistem mendidik yang berbeda kepada si kecil.


Demokratis. Gaya pengasuhan seperti ini menetapkan hukum dan tanda untuk anak-anak mereka, tapi tak tiranis. Orang tua jauh lebih terbuka untuk mendengarkan perkataan si kecil dan memahami keperluan mereka. Apabila melanggar hukum, si kecil-anak akan ditegur dengan sistem halus dan tidak menggunakan kekerasan. Hati memantau dan mengawasi perilaku si kecil-si kecil, orang tua tak akan ikut serta campur dalam kehidupan anak semisal saat mencari teman. Orang tua baru akan ambil langkah kalau merasa anak dalam keadaan bahaya. Pola ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling tepat dan paling awam dilaksanakan.


Dari beberapa pembahasan di atas perihal metode mengajar anak yang baik bisa disimpulkan bahwa buah hati semestinya dikasih perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua seharusnya menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan menyerap tiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu contoh terbaik merupakan lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga ialah kunci kesuksesan dalam mendidik si kecil.