Psikolog bicara tentang cara mendidik anak mulai dari kandungan

Artikel terbaru cara mendidik anak mulai dari kandungan. Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tak bisa mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan buah hati pada masa perkembangannya karena tiap didikan kita bisa berpengaruh besar bagi kehidupan sang buah hati di masa depan. Berikut yaitu kiat bagaimana mendidik si kecil dengan bagus agar tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.





Tips Mendidik Si Supaya Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu mengharapkan anak-buah hatinya bisa tumbuh menjadi anak-anak yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Kebanyakan orang tua akan mengerjakan segalanya demi membahagiakan si kecil-buah hati mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, melainkan ternyata hal ini tak selalu bagus dalam progres mendidik buah hati. Banyak si kecil yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan buah hati pada masa perkembangannya sebab tiap didikan kita bisa berdampak besar bagi kehidupan sang buah hati di masa depan. Berikut ialah kiat bagaimana mendidik anak dengan baik agar tak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan buah hati kepada dunianya sering kali kali membuat mereka berharap mencoba menjalankannya secara leluasa. Ketakutan orang tua adalah bila hal-hal terburuk terjadi pada buah hati Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan kepada suatu hal yang dapat membahayakan anak. Larangan hanya membuat rasa penasaran bagi buah hati untuk mengerjakannya dan dapat menghasilkan buah hati berdusta kepada orang tuanya. Komunikasi dua arah yaitu solusi terbaik untuk mengingatkan anak alih-alih melarang buah hati mengerjakan hal-hal yang berkeinginan mereka lakukan. Kasih tahu mereka perihal risiko yang mungkin terjadi dan mintalah anak Anda untuk berhati-hati.






2. Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan jasmani. Sering kali Anda sebagai orang tua merasa murka atau kesal kepada ulah atau kelakuan si kecil-anak Anda yang buruk dan cara ampuh untuk membuat buah hati kapok yakni dengan sanksi jasmaniah. Salah satu teladan tindakan hukuman fisik yang acap kali dilaksanakan kebanyakan orang tua yakni memukulnya. Entah itu memakai tangan, kaki atau benda-benda lainnya yang bisa Anda pakai untuk memukul anak Anda. Seandainya tersebut sama sekali tak dibenarkan. Bila Anda memiliki buah hati kecil dan ketika mereka menjalankan suatu kekeliruan, Anda bisa memberi tahu secara bagus-baik dengan bahasa yang gampang dimengerti oleh mereka tanpa memberikan hukuman jasmani dan jikalau Anda mempunyai buah hati yang usianya mungkin sudah beranjak remaja atau telah paham kondisi, Anda dapat mengaplikasikan sistem disiplin terhadap mereka.


Menurut pasangan tentu memiliki metode mendidik yang berbeda terhadap anak.


Tiranis menurut psikolog, Diana Baumrind, orang tua mempunyai gaya pola asuh. Jika. Ini adalah gaya yang sungguh-sungguh ketat. Orang tua mempertimbangkan undang-undang dengan kemauan si kecil-si kecilnya bisa mengikuti hukum tersebut. Jikalau tak mencontoh aturan, si kecil-buah hati lazimnya akan memperoleh hukuman. Orang tua yang mencontoh gaya ini lazimnya tidak berdebat atau membicarakannya secara khusus dulu dengan si kecil. Anak-buah hati akan ditarik dan mungkin tak dapat berpikir untuk diri mereka sendiri. Ini karena mereka tak pernah diberi peluang berbincang-bincang dan mengeluarkan pendapatnya.  Bila ini adalah gaya pola asuh Anda, coba ajak si kecil untuk bisa mengeluarkan ide-inspirasi dan pendapat. Sekiranya si kecil tidak memahami kenapa mereka sepatutnya disiplin, coba jelaskan apa alasan Anda menentukan hukum hal yang demikian.


Dari sebagian pembahasan di atas perihal cara mendidik si kecil yang baik bisa disimpulkan bahwa si kecil harus diberi perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua seharusnya menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan meresap tiap hal dan kejadian disekitarnya karenanya dari itu figur terbaik ialah lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi si kecil dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga adalah kunci kesuksesan dalam mengajar si kecil.