Nah begini cara mendidik anak remaja pada era modern

Simak ulasan bagaimana cara mendidik anak remaja pada era modern. Dalam kehidupan berkeluarga, tiap-tiap orang tua tentu menginginkan anak-buah hatinya bisa tumbuh menjadi anak-anak yang bagus, bisa dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal. Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan si kecil-buah hati mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi ternyata hal ini tak senantiasa baik dalam pelaksanaan mendidik buah hati.





Kiat Mendidik Hati Supaya Tak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu mengharapkan buah hati-anaknya dapat tumbuh menjadi anak-anak yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam seluruh hal. Kebanyakan orang tua akan menjalankan segalanya demi membahagiakan anak-si kecil mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, namun terbukti hal ini tak selalu bagus dalam progres mengajar buah hati. Banyak buah hati yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak dapat mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan anak pada masa perkembangannya sebab tiap didikan kita bisa berakibat besar bagi kehidupan sang anak di masa depan. Berikut ialah kiat bagaimana mendidik si kecil dengan bagus supaya tak manja, keras kepala dan bisa menjadi mandiri.


1. Jangan menuruti seluruh harapan buah hati. Meskipun Anda sangat mencintai buah hati Anda, menuruti seluruh keinginannya bukanlah metode mendidik si kecil dengan benar. Tindakan hal yang demikian hanya akan membuat anak Anda menjadi si kecil yang manja dan senantiasa mengandalkan orang lain. Sekiranya semenjak kecil buah hati telah dimanjakan dengan meniru segala keinginannya, dampak ke depannya si kecil akan menjadi buah hati yang tidak mandiri dan malas karena senantiasa berpikir ada orang tua yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berupaya mengerjakan tugas mereka sendiri agar mereka bisa belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.





2. Didik si kecil untuk tak berdusta. Jangan sekali-kali memberikan model pada si kecil Anda untuk berbohong. Ajar mereka untuk selalu terbuka tentang keadaannya dalam seluruh hal, bagus itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup tentang perasaan mereka terhadap Anda. Dengan sistem ini, Anda telah mengajar si kecil Anda untuk bertingkah jujur dalam kehidupannya.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki sistem mengajar yang berbeda kepada anak.


Demokratis. Gaya pengasuhan seperti ini memastikan aturan dan pedoman untuk si kecil-buah hati mereka, namun tak sewenang-wenang. Orang tua jauh lebih terbuka untuk mendengarkan perkataan anak dan memahami keperluan mereka. Jika melanggar hukum, buah hati-buah hati akan ditegur dengan metode halus dan tak mengaplikasikan kekerasan. Kecil memantau dan mengawasi perilaku anak-anak, orang tua tidak akan ikut campur dalam kehidupan buah hati misalnya ketika mencari teman. Orang tua baru akan ambil langkah jikalau merasa buah hati dalam kondisi bahaya. Pola ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling tepat dan paling biasa dilaksanakan.


Dari sebagian pembahasan di atas seputar cara mengajar buah hati yang baik dapat disimpulkan bahwa anak patut diberi perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua wajib menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan mengabsorpsi setiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu model terbaik adalah lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi anak dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga merupakan kunci kesuksesan dalam mengajar anak.