Ini harus Anda tahu cara mendidik anak balita ala rasulullah

Bagaimana sebetulnya cara mendidik anak balita ala rasulullah. Banyak buah hati yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tak dapat mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan si kecil pada masa perkembangannya sebab setiap didikan kita dapat berimbas besar bagi kehidupan sang buah hati di masa depan. Berikut yakni tips bagaimana mendidik si kecil dengan bagus supaya tidak manja, keras kepala dan bisa menjadi mandiri.





Kiat Mendidik Si Supaya Tak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu menginginkan anak-si kecilnya dapat tumbuh menjadi anak-buah hati yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan si kecil terhadap dunianya sering kali kali membuat mereka ingin mencoba melakukannya secara leluasa. Ketakutan orang tua merupakan jika hal-hal terburuk terjadi pada anak Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang bisa membahayakan buah hati. Larangan hanya membikin rasa penasaran bagi anak untuk melaksanakannya dan dapat mewujudkan buah hati berdusta kepada orang tuanya. Komunikasi dua arah yakni solusi terbaik untuk mengingatkan buah hati alih-alih melarang buah hati mengerjakan hal-hal yang berkeinginan mereka lakukan. Beri tahu mereka seputar risiko yang mungkin terjadi dan mintalah buah hati Anda untuk berhati-hati.





2. Didik anak untuk tidak berdusta. Jangan sekali-kali memberikan figur pada buah hati Anda untuk berbohong. Didik mereka untuk senantiasa terbuka perihal keadaannya dalam segala hal, bagus itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan si kecil Anda tertutup perihal perasaan mereka kepada Anda. Dengan cara ini, Anda telah mendidik anak Anda untuk berperilaku jujur dalam kehidupannya.


Menurut pasangan tentu memiliki metode mengajar yang berbeda terhadap anak.


Otoriter menurut psikolog, Diana Baumrind, orang tua mempunyai gaya pola asuh. Kalau. Ini ialah gaya yang betul-betul ketat. Orang tua memutuskan undang-undang dengan keinginan buah hati-si kecilnya bisa mengikuti tata tertib tersebut. Seandainya tak mengikuti hukum, buah hati-si kecil umumnya akan mendapatkan sanksi. Orang tua yang mencontoh gaya ini lazimnya tak berdebat atau membicarakannya terutama dulu dengan si kecil. Buah-buah hati akan ditarik dan mungkin tak dapat berdaya upaya untuk diri mereka sendiri. Ini karena mereka tidak pernah dikasih peluang berbicara dan mengeluarkan pendapatnya.  Bila ini adalah gaya pola asuh Anda, coba ajak si kecil untuk bisa mengeluarkan inspirasi-pandangan baru dan pendapat. Apabila si kecil tidak memahami kenapa mereka harus disiplin, coba jelaskan apa alasan Anda mempertimbangkan undang-undang tersebut.


Dari sebagian pembahasan di atas tentang metode mendidik si kecil yang bagus dapat disimpulkan bahwa buah hati patut diberikan perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua seharusnya menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan meresap tiap-tiap hal dan kejadian disekitarnya karenanya dari itu figur terbaik adalah lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga merupakan kunci kesuksesan dalam mendidik si kecil.