Dianjurkan begini cara mendidik anak dari umur 1 tahun

Baca dulu dulu tentang cara mendidik anak dari umur 1 tahun. Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu menginginkan anak-buah hatinya bisa tumbuh menjadi si kecil-si kecil yang baik, dapat dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam seluruh hal. Kebanyakan orang tua akan mengerjakan segalanya demi membahagiakan si kecil-si kecil mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi terbukti hal ini tidak senantiasa baik dalam pengerjaan mengajar buah hati.





Tips Mendidik Anak Supaya Tak Manja, Keras Kepala dan Bisa Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap-tiap orang tua tentu menginginkan buah hati-si kecilnya dapat tumbuh menjadi buah hati-si kecil yang bagus, dapat dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal.


1. Jangan menuruti seluruh keinginan si kecil. Sedangkan Anda betul-betul mencintai anak Anda, menuruti segala kemauannya bukanlah sistem mengajar si kecil dengan benar. Tindakan tersebut hanya akan membuat buah hati Anda menjadi buah hati yang manja dan senantiasa mengandalkan orang lain. Bila semenjak kecil si kecil sudah dimanjakan dengan mencontoh seluruh kemauannya, dampak ke depannya si kecil akan menjadi anak yang tidak mandiri dan malas karena selalu berdaya upaya ada orang tua yang akan memberikan seluruh yang diharapkannya. Biasakanlah si kecil Anda untuk berupaya melaksanakan tugas mereka sendiri supaya mereka bisa belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.





2. Ajar buah hati untuk tidak berdusta. Jangan sekali-kali memberikan teladan pada anak Anda untuk berbohong. Ajar mereka untuk selalu terbuka seputar keadaannya dalam semua hal, baik itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan si kecil Anda tertutup tentang perasaan mereka kepada Anda. Dengan sistem ini, Anda telah mengajar buah hati Anda untuk berperilaku jujur dalam kehidupannya.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki metode mengajar yang berbeda kepada anak.


Serba mengizinkan. Hati-si kecil yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampilkan kecenderungan manja dan mengganggu. Si juga akan cenderung bertingkah buruk jikalau tak mendapatkan apa yang diinginkan. Ini karena orang tua dengan variasi seperti ini tak mempertimbangkan batasan atau hukum. Kecil ada tata tertib, buah hati biasanya akan melanggar. Seandainya ini menjadi gaya pola asuh Anda, buat regulasi yang wajib dipatuhi buah hati dan jangan menyerah. Kasih Mam bisa memberikan hadiah kepada si kecil jikalau dia berperilaku baik. Kalau ini baik untuk masa depan si kecil ketika menghadapi “dunia kongkret” ketika tidak segala orang dapat memperlakukan ia seperti Anda.


Dari beberapa pembahasan di atas perihal metode mendidik buah hati yang bagus dapat disimpulkan bahwa anak patut diberikan perhatian dan beri sayang serta kepercayaan. Orang tua patut menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan mengabsorpsi tiap-tiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu model terbaik merupakan lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga merupakan kunci kesuksesan dalam mengajar si kecil.