Simak apa kata pakar tentang cara mendidik anak tanpa kekerasan

Sebaiknya begini cara mendidik anak tanpa kekerasan. Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan buah hati-si kecilnya bisa tumbuh menjadi buah hati-buah hati yang baik, dapat dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan si kecil-anak mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi rupanya hal ini tak senantiasa baik dalam progres mendidik buah hati.





Tips Mengajar Si Agar Tak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya bisa tumbuh menjadi si kecil-anak yang baik, bisa dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal. Kebanyakan orang tua akan melaksanakan segalanya demi membahagiakan anak-anak mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi ternyata hal ini tak selalu baik dalam proses mengajar si kecil. Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa susah dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak dapat mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan buah hati pada masa perkembangannya sebab tiap-tiap didikan kita bisa berimbas besar bagi kehidupan sang si kecil di masa depan. Berikut yaitu tips bagaimana mengajar buah hati dengan baik agar tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.


1. Jangan menuruti semua harapan anak. Sedangkan Anda betul-betul mencintai si kecil Anda, menuruti seluruh kemauannya bukanlah metode mendidik anak dengan benar. Tindakan tersebut cuma akan membuat anak Anda menjadi buah hati yang manja dan senantiasa mengandalkan orang lain. Jikalau sejak kecil anak sudah dimanjakan dengan mengikuti segala keinginannya, pengaruh ke depannya si kecil akan menjadi anak yang tidak mandiri dan malas sebab senantiasa berpikir ada orang tua yang akan memberikan segala yang diharapkannya. Biasakanlah si kecil Anda untuk berupaya menjalankan tugas mereka sendiri supaya mereka bisa belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.





2. Didik si kecil untuk tidak berbohong. Jangan sekali-kali memberikan teladan pada si kecil Anda untuk berbohong. Ajar mereka untuk selalu terbuka tentang keadaannya dalam segala hal, bagus itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan si kecil Anda tertutup tentang perasaan mereka kepada Anda. Dengan cara ini, Anda sudah mendidik anak Anda untuk berperilaku jujur dalam kehidupannya.


Menurut pasangan tentu mempunyai sistem mengajar yang berbeda kepada buah hati.


Serba membiarkan. Anak-anak yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampakkan kecenderungan manja dan mengganggu. Kecil juga akan cenderung bertingkah buruk jikalau tak mendapatkan apa yang diinginkan. Ini karena orang tua dengan variasi seperti ini tak menentukan batasan atau undang-undang. Buah ada undang-undang, si kecil lazimnya akan melanggar. Bila ini menjadi gaya pola asuh Anda, buat undang-undang yang sepatutnya dipatuhi anak dan jangan menyerah. Beri Mam bisa memberikan hadiah terhadap si kecil sekiranya ia berperilaku baik. Sekiranya ini bagus untuk masa depan si kecil ketika menghadapi “dunia kongkrit” saat tak seluruh orang dapat memperlakukan dia seperti Anda.


Dari sebagian pembahasan di atas perihal cara mendidik si kecil yang bagus bisa disimpulkan bahwa si kecil seharusnya dikasih perhatian dan beri sayang serta kepercayaan. Orang tua seharusnya menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan meresap tiap-tiap hal dan kejadian disekitarnya karenanya dari itu teladan terbaik yakni lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga adalah kunci kesuksesan dalam mendidik si kecil.