Psikolog bicara tentang gimana cara mendidik anak yang nakal

Nah begini gimana cara mendidik anak yang nakal. Banyak si kecil yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa susah dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan si kecil pada masa perkembangannya karena tiap-tiap didikan kita dapat berpengaruh besar bagi kehidupan sang anak di masa depan. Berikut adalah kiat bagaimana mendidik buah hati dengan bagus supaya tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.





Kiat Mendidik Anak Supaya Tak Manja, Keras Kepala dan Bisa Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu mengharapkan buah hati-anaknya bisa tumbuh menjadi si kecil-buah hati yang bagus, bisa dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam seluruh hal.


1. Jangan menuruti segala kemauan buah hati. Meski Anda benar-benar mencintai anak Anda, menuruti seluruh kemauannya bukanlah sistem mendidik si kecil dengan benar. Perbuatan tersebut cuma akan membikin anak Anda menjadi anak yang manja dan selalu mengandalkan orang lain. Seandainya semenjak kecil si kecil sudah dimanjakan dengan meniru seluruh keinginannya, akibat ke depannya si kecil akan menjadi si kecil yang tidak mandiri dan malas karena selalu berdaya upaya ada orang tua yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berupaya menjalankan tugas mereka sendiri supaya mereka dapat belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.






2. Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan jasmani. Jarang kali Anda sebagai orang tua merasa berang atau kesal kepada ulah atau kelakuan si kecil-buah hati Anda yang buruk dan sistem ampuh untuk membikin si kecil kapok merupakan dengan sanksi jasmaniah. Salah satu teladan tindakan hukuman jasmaniah yang sering kali dilaksanakan kebanyakan orang tua adalah memukulnya. Entah itu mengaplikasikan tangan, kaki atau benda-benda lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memukul anak Anda. Bila tersebut sama sekali tak dibetuli. Jika Anda memiliki buah hati kecil dan dikala mereka melakukan suatu kesalahan, Anda bisa memberi tahu secara bagus-baik dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka tanpa memberikan sanksi jasmaniah dan bila Anda mempunyai buah hati yang usianya mungkin telah beranjak remaja atau sudah paham situasi, Anda bisa menggunakan sistem disiplin terhadap mereka.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki metode mendidik yang berbeda terhadap anak.


Demokratis. Gaya pengasuhan seperti ini memutuskan hukum dan pertanda untuk anak-buah hati mereka, tetapi tak diktator. Orang tua jauh lebih terbuka untuk memperdengarkan perkataan si kecil dan memahami keperluan mereka. Apabila melanggar aturan, si kecil-si kecil akan ditegur dengan metode halus dan tak menerapkan kekerasan. Si memantau dan mengawasi perilaku anak-si kecil, orang tua tak akan turut campur dalam kehidupan buah hati misalnya saat mencari sahabat. Orang tua baru akan ambil langkah sekiranya merasa anak dalam keadaan bahaya. Pola ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling pas dan paling lazim dikerjakan.


Dari beberapa pembahasan di atas perihal cara mendidik anak yang baik bisa disimpulkan bahwa anak mesti diberikan perhatian dan beri sayang serta kepercayaan. Orang tua seharusnya menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan menyerap tiap-tiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu contoh terbaik yaitu lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi anak dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga ialah kunci kesuksesan dalam mendidik buah hati.