Ini dia cara mendidik anak supaya tidak keras kepala

Begini yang benar cara mendidik anak supaya tidak keras kepala. Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan buah hati-si kecilnya dapat tumbuh menjadi buah hati-anak yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Kebanyakan orang tua akan menjalankan segalanya demi membahagiakan si kecil-buah hati mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, tetapi terbukti hal ini tidak selalu baik dalam pelaksanaan mengajar anak.





Tips Mengajar Si Agar Tak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu mengharapkan si kecil-anaknya dapat tumbuh menjadi si kecil-buah hati yang baik, bisa dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan si kecil kepada dunianya sering kali membikin mereka berkeinginan mencoba menjalankannya secara leluasa. Ketakutan orang tua adalah bila hal-hal terburuk terjadi pada si kecil Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang dapat berbahaya si kecil. Larangan hanya membuat rasa penasaran bagi buah hati untuk menjalankannya dan bisa menghasilkan buah hati berdusta terhadap orang tuanya. Komunikasi dua arah merupakan solusi terbaik untuk mengingatkan anak alih-alih melarang anak melakukan hal-hal yang berkeinginan mereka lakukan. Kasih tahu mereka seputar risiko yang mungkin terjadi dan mintalah anak Anda untuk berhati-hati.





2. Didik buah hati untuk tak berbohong. Jangan sekali-kali memberikan figur pada buah hati Anda untuk berdusta. Ajar mereka untuk selalu terbuka tentang keadaannya dalam segala hal, baik itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup seputar perasaan mereka kepada Anda. Dengan metode ini, Anda sudah mendidik si kecil Anda untuk bertingkah jujur dalam kehidupannya.


Menurut pasangan tentu memiliki sistem mengajar yang berbeda terhadap buah hati.


Serba membiarkan. Kecil-si kecil yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampilkan kecenderungan manja dan mengganggu. Buah juga akan cenderung berperilaku buruk jikalau tak mendapatkan apa yang diharapkan. Ini karena orang tua dengan tipe seperti ini tidak menetapkan batasan atau tata tertib. Hati ada hukum, anak umumnya akan melanggar. Kalau ini menjadi gaya pola asuh Anda, buat aturan yang mesti dipatuhi anak dan jangan menyerah. Kasih Mam dapat memberikan hadiah kepada si kecil jikalau dia bertindak bagus. Jikalau ini bagus untuk masa depan si kecil ketika menghadapi “dunia nyata” ketika tak semua orang dapat memperlakukan ia seperti Anda.


Dari sebagian pembahasan di atas seputar metode mendidik si kecil yang bagus bisa disimpulkan bahwa buah hati semestinya diberi perhatian dan beri sayang serta kepercayaan. Orang tua patut menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan menyerap tiap-tiap hal dan kejadian disekitarnya karenanya dari itu model terbaik adalah lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi si kecil dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga yakni kunci kesuksesan dalam mengajar si kecil.