Ini dia cara mendidik anak gifted

Bagaimana sebaiknya cara mendidik anak gifted. Dalam kehidupan berkeluarga, tiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya bisa tumbuh menjadi si kecil-buah hati yang bagus, dapat dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam semua hal. Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan anak-buah hati mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, melainkan terbukti hal ini tak selalu baik dalam progres mendidik si kecil.





Kiat Mendidik Hati Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu menginginkan buah hati-buah hatinya dapat tumbuh menjadi anak-si kecil yang baik, dapat dibanggakan dan memiliki karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan si kecil kepada dunianya sering kali kali membuat mereka mau mencoba menjalankannya secara leluasa. Ketakutan orang tua adalah seandainya hal-hal terburuk terjadi pada si kecil Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang bisa berbahaya anak. Larangan cuma membuat rasa penasaran bagi si kecil untuk menjalankannya dan dapat mewujudkan anak berdusta terhadap orang tuanya. Komunikasi dua arah ialah solusi terbaik untuk mengingatkan si kecil alih-alih melarang anak melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan. Beri tahu mereka perihal risiko yang mungkin terjadi dan mintalah si kecil Anda untuk berhati-hati.





2. Didik si kecil untuk tidak berdusta. Jangan sekali-kali memberikan teladan pada buah hati Anda untuk berbohong. Didik mereka untuk selalu terbuka perihal keadaannya dalam segala hal, bagus itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Jangan membiasakan anak Anda tertutup perihal perasaan mereka terhadap Anda. Dengan metode ini, Anda sudah mengajar si kecil Anda untuk bertindak jujur dalam kehidupannya.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki sistem mengajar yang berbeda kepada buah hati.


Serba membiarkan. Hati-anak yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampilkan kecenderungan manja dan mengganggu. Anak juga akan cenderung berperilaku buruk apabila tak mendapatkan apa yang diharapkan. Ini karena orang tua dengan variasi seperti ini tidak memutuskan batasan atau hukum. Hati ada undang-undang, si kecil biasanya akan melanggar. Seandainya ini menjadi gaya pola asuh Anda, buat tata tertib yang harus dipatuhi buah hati dan jangan menyerah. Kasih Mam dapat memberikan hadiah terhadap si kecil kalau ia bertindak baik. Bila ini bagus untuk masa depan si kecil dikala menghadapi “dunia kongkrit” dikala tidak semua orang dapat memperlakukan ia seperti Anda.


Dari beberapa pembahasan di atas perihal metode mendidik si kecil yang bagus bisa disimpulkan bahwa buah hati wajib diberikan perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua mesti menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan meresap setiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu teladan terbaik merupakan lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga ialah kunci kesuksesan dalam mengajar si kecil.