Dianjurkan begini cara mendidik anak perempuan 4 tahun

Sebaiknya begini cara mendidik anak perempuan 4 tahun. Banyak si kecil yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa susah dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan anak pada masa perkembangannya sebab tiap didikan kita bisa berpengaruh besar bagi kehidupan sang buah hati di masa depan. Berikut adalah tips bagaimana mendidik buah hati dengan baik agar tidak manja, keras kepala dan dapat menjadi mandiri.





Tips Mendidik Kecil Supaya Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Dalam kehidupan berkeluarga, tiap-tiap orang tua tentu mengharapkan si kecil-buah hatinya dapat tumbuh menjadi si kecil-si kecil yang bagus, dapat dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal.


1. Jangan terlalu banyak melarang. Rasa keingintahuan si kecil kepada dunianya kerap kali membikin mereka ingin mencoba mengerjakannya secara leluasa. Ketakutan orang tua merupakan apabila hal-hal terburuk terjadi pada buah hati Anda. Makanya kebanyakan orang tua memberi larangan atau batasan terhadap suatu hal yang dapat membahayakan si kecil. Larangan cuma membuat rasa penasaran bagi anak untuk menjalankannya dan dapat mewujudkan anak berdusta terhadap orang tuanya. Komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk mengingatkan buah hati alih-alih melarang buah hati mengerjakan hal-hal yang ingin mereka lakukan. Kasih tahu mereka perihal risiko yang mungkin terjadi dan mintalah anak Anda untuk berhati-hati.






2. Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan jasmani. Sering kali Anda sebagai orang tua merasa berang atau dongkol terhadap ulah atau kelakuan anak-anak Anda yang buruk dan sistem ampuh untuk membuat anak jera adalah dengan hukuman fisik. Salah satu model perbuatan hukuman jasmaniah yang tak jarang dilaksanakan kebanyakan orang tua yakni memukulnya. Entah itu mengaplikasikan tangan, kaki atau benda-benda lainnya yang bisa Anda pakai untuk memukul buah hati Anda. Bila hal yang demikian sama sekali tidak dibetuli. Sekiranya Anda memiliki buah hati kecil dan ketika mereka menjalankan suatu kesalahan, Anda dapat memberi tahu secara bagus-baik dengan bahasa yang gampang dimengerti oleh mereka tanpa memberikan hukuman jasmani dan bila Anda mempunyai anak yang usianya mungkin telah beranjak remaja atau sudah paham keadaan, Anda bisa memakai sistem disiplin terhadap mereka.


Berdasarkan pasangan tentu memiliki metode mendidik yang berbeda kepada buah hati.


Demokratis. Gaya pengasuhan seperti ini memutuskan hukum dan pedoman untuk anak-si kecil mereka, melainkan tidak otoriter. Orang tua jauh lebih terbuka untuk memperdengarkan perkataan anak dan memahami keperluan mereka. Seandainya melanggar regulasi, si kecil-si kecil akan ditegur dengan metode halus dan tidak menerapkan kekerasan. Si memantau dan mengawasi perilaku anak-si kecil, orang tua tak akan turut campur dalam kehidupan buah hati contohnya ketika mencari teman. Orang tua baru akan ambil langkah apabila merasa si kecil dalam keadaan bahaya. Pola ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling pas dan paling lazim dikerjakan.


Dari sebagian pembahasan di atas tentang metode mengajar buah hati yang baik bisa disimpulkan bahwa anak seharusnya diberikan perhatian dan kasih sayang serta kepercayaan. Orang tua patut menyadari sepenuhnya bahwa buah hari mereka akan menyerap setiap hal dan kejadian disekitarnya maka dari itu teladan terbaik adalah lingkungan keluarga anda. Jangan berlebihan memproteksi buah hati dan jangan berlebihan mengabaikanya.  sayang keluarga adalah kunci kesuksesan dalam mendidik si kecil.